Guru Yang Baik Jauh Lebih Penting Daripada Materi Pelajaran Dan Metode Pengajarannya

370 views

GURU YANG BAIK JAUH LEBIH PENTING DARIPADA MATERI PELAJARAN DAN METODE PENGAJARANNYA

Gurudikmen.com – Assalamu’alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada.

Sangat penting untuk diketahui berikut adalah informasi terbaru infokemendikbud.com tentang metode mengajar itu tak kalah penting dari materi yang hendak diajarkan. Namun guru yang baik jauh lebih penting daripada materi pelajaran dan metode pengajarannya.

SEWAKTU belajar pada pesantren, ada ungkapan kiai yang selalu saya ingat. Menurutnya, metode mengajar itu tidak kalah krusial dari materi yg hendak diajarkan. Tetapi guru yang baik jauh lebih penting daripada bahan ajar dan metode pengajarannya. Jadi sosok pengajar adalah aktor terpenting bagi suksesnya sebuah proses pembelajaran dan pendidikan.

Guru bagaikan aktor atau aktris yang setiap hari tampil untuk dilihat, didengarkan, dan ditiru tutur ucapnya. Makanya sebaik apa pun konsep kurikulum yg didapatkan pemerintah, kalau kualitas gurunya nir berkualitas, sasaran & target pendidikan nir akan tercapai.

Statemen ini telah dibuktikan Pemerintah Finlandia yg menerapkan rekrutmen calon pengajar sangat ketat hingga mengantarkan negara ini berada paling tinggi dalam bidang pendidikannya. Pelamar calon mahasiswa terbanyak merupakan pada fakultas keguruan.

Makanya energi pengajar pada sana adalah putra-putri terbaik bangsanya. Mereka bekerja menjadi pendidik tidak direcoki banyak sekali urusan birokrasi. Sebaliknya mereka menerima kebebasan berinovasi berdasarkan riset secara konstan.

Dalam aneka macam lembaga pembinaan pengajar, saya sering memberikan kertas kepada para peserta buat menuliskan nama pengajar dan sekolahnya yg telah memengaruhi kualitas dan jalan hidup mereka. Siapakah pengajar-pengajar yg memberi ilham, motivasi, dan teladan yg masih terkenang meskipun sudah belasan tahun nir pernah berjumpa.

Setelah dituliskan, mereka lalu aku  minta mengembangkan cerita di hadapan peserta. Dari sekian pengalaman memberi training pengajar, guru-guru yang baik setidaknya mempunyai empat ciri.

Pertama, mereka menguasai materi yg hendak diajarkan. Kedua, pandai  menentukan metode yang sempurna agar mudah dipahami anak didik serta tidak menjemukan. Ketiga, membangkitkan imajinasi & motivasi anak didik buat berani bermimpi mengenai masa depan. Keempat, mengajar menggunakan cinta.

Sewaktu sebagai mahasiswa, aku  pernah diajar oleh seseorang dosen yang rajin membaca. Koleksi bukunya banyak. Namun saat memberi kuliah, mahasiswa sulit memahaminya.

Mungkin ini disebabkan miskin metode. Kurang kreatif dan terampil membuat hal-hal yg rumit menjadi mudah tanpa kehilangan substansinya. Dia pintar buat diri sendiri, namun kurang pandai  memintarkan mahasiswa.

Sebaliknya, saya pernah bertemu dengan dosen yg bacaannya nir kaya, namun pandai  meringkaskan berita yang sulit, lalu mengembangkannya dengan model-contoh yg familier dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, dosen dan pengajar yang baik adalah yang menguasai keduanya.

Para psikolog mengatakan, usia pelajar itu dianggap formative years. Masa pembentukan eksklusif. Kalau dalam usia mereka menemukan lingkungan dan guru yg cantik, yang mempunyai empat kriteria di atas, biasanya ketika masuk kuliah mereka akan meraih prestasi yg bagus.

Berdasarkan pengamatan saya di lingkungan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, mahasiswa dan alumni yg prestasinya menonjol dan berhasil menempuh acara doktor di universitas ternama pada dunia umumnya mereka datang menurut lingkungan pendidikan yg indah. Bahkan banyak di antara mereka yang berasal menurut global pesantren atau seperti boarding school.

Di pesantren tumbuh budaya cinta ilmu & hayati sederhana dalam suasana persaudaraan. Tak dikenal berantem antarsiswa. Ada suatu prinsip, attitude above knowledge.

Para murid begitu hormat dan santun kepada pengajar. Nilai & tradisi ini justru sangat bertenaga berakar pada rakyat Jepang. Sementara kultur semacam ini waktu ini semakin menurun pada lingkungan sekolah kita pada umumnya.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengajar Menyenangkan Untuk Guru

Guru Yang Baik Guru Yang Baik Jauh Lebih Penting Daripada Materi Guru Yang Baik Jauh Lebih Penting Daripada Materi Pelajaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait