Terobosan Teknologi yang Mengubah Dunia Pendidikan

TEROBOSAN TEKNOLOGI YANG MENGUBAH DUNIA PENDIDIKAN

Terobosan Teknologi yang Mengubah Dunia Pendidikan
Terobosan Teknologi yang Mengubah Dunia Pendidikan

Gurudikmen.com – Assalamu’alaikum wr.wb. salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada.

1. E-Book

Pernahkah Sobat GoHitz merasakan saat skripsi harus membutuhkan beberapa teks e book untuk menyusun tugas akhir?Karena kemajuan teknologi informasi dan digital, saat ini mendapatkan teks ebook tidak sesulit dulu. Sebab kini ada digital e book atau ebook.

Ebook atau buku elektronik merupakan sebuah buku berformat elektronik yang biasanya disebarkan dalam bentuk document pdf, epub atau mobi. Buku ini bersifat ramah lingkungan karena tidak lagi menggunakan bahan kertas serta mampu dibaca di mana pun dan kapan pun apakah itu saat menunggu kereta, atau bersantai di taman.

2. Audiobook

Terobosan berikutnya yang membantu dunia pendidikan adalah buku berformat audio atau dikenal juga sebagai audio e-book. Buku ini sebetulnya ditujukan untuk penyandang disabilitas terutama penyandang tunanetra, namun audio ebook juga ternyata digemari oleh individu normal yang memiliki kegiatan exceptional sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang untuk membaca. Karena diformat dalam bentuk suara maka Sobat GoHitz bisa mendengarkan sejumlah pelajaran yang diterangkan audio book terutama saat terjebak kemacetan di jalan raya.

3. Komputer Tablet Layar Sentuh

Dunia pendidikan harus berterima kasih kepada Steve Jobs karena berkat inovasi layar sentuh dan komputer tabletnya pelajar di seluruh dunia mampu menimba ilmu secara mudah. Kemampuan komputer pill layar sentuh yang dahsyat selain mampu menjadi buku tulis portabel juga memberikan pengalaman interaktif menarik dalam metode pembelajaran.

4. Kursus Online

Dulu kalau mau menimba ilmu atau mengenyam pendidikan, termasuk kuliah, Sobat GoHitz harus jauh-jauh berangkat ke kota besar untuk mendaftar sebagai peserta kursus atau mahasiswa baru di kampus tertentu. Namun berkat kemajuan teknologi informasi yang pesat, Sobat GoHitz tidak perlu susah payah seperti dulu lagi kalau mau belajar karena adanya kursus on line.

Kursus online yang saat ini menjamur di dunia maya seperti Coursera, edX, IndonesiaX dan Future Learn bukan hanya sekedar kursus namun juga dianggap setara perkuliahan di kampus karena lembaga-lembaga yang menjadi penyelenggara kursus on line tersebut merupakan kampus-kampus ternama seperti Tokyo University, Harvard, London School of Economics, bahkan Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Kursus-kursus on line seperti memiliki sertifikat yang diakui dan berformat pendidikan jarak jauh dimana pesertanya melakukan metode pembelajaran lewat video perkuliahan dan artikel studi kasus. Kursus online seperti sangat bagus terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan super padat atau tinggal di wilayah-wilayah terpencil.

5. Sosial Media

Pernahkah Sobat GoHitz merasakan nostalgia kerja kelompok, proses belajar seperti ini selain mampu menuntaskan pekerjaan rumah bersama-sama teman juga dijadikan ajang tukar pikiran dan discussion board diskusi.

Kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat saat ini tidak serta merta menghilangkan kegiatan kerja kelompok, bahkan memperluas cakupan pesertanya melalui sosial media dan forum diskusi dunia maya seperti Facebook atau Kaskus. Di sini Sobat GoHitz bisa berdiskusi dan belajar dengan teman-teman bukan hanya dari Indonesia bahkan dari seluruh dunia.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya di facebook gurudikmen.com dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.