Sekolah Ini Punya Konsep Pendidikan dan Bangunan Tak Biasa

204 views

SEKOLAH INI PUNYA KONSEP PENDIDIKAN DAN BANGUNAN TAK BIASA

Sekolah Ini Punya Konsep Pendidikan dan Bangunan Tak Biasa

Sekolah Ini Punya Konsep Pendidikan dan Bangunan Tak Biasa

Gurudikmen.com – Assalamu’alaikum wr.wb. salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada.

Namun coba lihat 11 sekolah dengan konsep pendidikan dan bangunan gedung sekolah paling tidak biasa, dari seluruh dunia ini. Mungkin kamu akan berpikir ulang bahwa Full Day School merupakan gagasan yang tak perlu.

1.Sekolah Mengapung, Lagos, Nigeria.

Sekolah yang mengapung pada sebuah sungai di Afrika ini memiliki bangunan yang unik. Bentuknya seperti kapal dan mampu menampung sekitar one hundred siswa dengan aman.

Di bawah atap terdapat ruang bersantai dan perpustakaan mini. Sedangkan bagian tengah merupakan ruang kelas dengan playground di bawahnya.

2.Sekolah Silinder, Copenhagen, Denmark.

Sekolah yang memiliki murid sekitar 1.One hundred siswa ini, memiliki desain kelas yang tidak biasa. Kelas-kelas ini mereka sebut dengan Gymnasium dengan tempat duduk yang nyaman baik di dalam maupun di atasnya. Dengan model sekolah ini banyak siswa dapat berpikir dengan terbuka, kreatif dan fleksibel.

Three.Sekolah dengan pendekatan individu siswa, Australia

Didesain semenarik mungkin dan mengadopsi metode pembelajaran kuno, sekolah ini membebaskan setiap siswa merancang rencana belajarnya sendiri dan orangtua serta guru hanya akan menjadi pendamping belajarnya. Siswa di sekolah ini juga diberikan hak untuk menyampaikan sarannya mengenai ide mereka agar sekolah terasa nyaman.

Four.Sekolah ‘Dunia Nyata’ Rhode Island, Amerika Serikat.

Sejak mulai masuk sekolah, siswa akan belajar apa saja yang benar-benar mereka sukai. Hal ini membuat anak-anak mengerti dan menemukan passionnya yang akan berguna di masa depan.

Setiap kelasnya ada guru ahli di bidangnya masing-masing, yang siap mendampingi siapa saja siswa yang ingin belajar di ruang dan laboratoriumnya.

Five.Sekolah yang terlihat seperti kantor, Ohio, Amerika.

Sekolah ini tidak memiliki ruang kelas. Hanya ada sekitar 300 kubik dengan komputer dalam gedung sekolah ini. Setiap murid belajar dengan sendirinya menggunakan komputer yang telah diprogram. Para guru hanya akan memantau dan membantu jika siswa menemukan kesulitan.

6.Sekolah dengan segala peralatan dan perlengkapan ‘berbahaya’ di San Fransisco, California.

Sekolah ini tidak hanya membebaskan siswanya memilih bidang apa yang mereka sukai. Mereka juga dengan mudah mempraktikkan semua kesukaan mereka dengan peralatan yang nyata dan berbahaya, jika dilakukan tanpa pengawasan yang tinggi. Namun ini menjadi salah satu cara untuk melatih keterampilan mereka dengan passionnya.

7.Sekolah tanpa gender, Stockholm, Sweden, Eropa.

Sekolah ini benar-benar memandang semua gender dengan adil. Tidak ada kata panggilan dia laki-laki atau perempuan. Panggilan hanya dilakukan dengan nama depan siswa tersebut.

Eight.Sekolah The Brightest, Stockholm, Sweden, Eropa.

Selain bangunannya yang didesain dengan unik dan penuh warna, sekolah ini memiliki bilik-bilik belajar dan bermain yang bisa digunakan oleh siswa.

Selain suasana kelas dan pelajaran dibuat semenyenangkan mungkin, setiap minggu dibuat grup-grup kecil dan siswa diberikan proyek sederhana agar mereka keluar dan belajar.

Nine.School of Silicon Valley, San Fransisco, California, Amerika.

Sekolah ini tidak memiliki prinsip pengajaran tradisional. Tujuan pendidikan sekolah ini hanya memberikan para siswa kebebasan berpikir dan meningkatkan kemampuan teknologi anak.

Sekolah yang diisi oleh anak usia 4 hingga 14 tahun ini menggunakan banyak device yang sudah memiliki playlist aktivitas yang perlu dilakukan.

10.Steve Jobs School, Amsterdam, Belanda.

Sekolah ini benar-benar memperlakukan semua siswa dengan sama. Tidak ada yang dispesialkan. Tidak ada kata bodoh atau pintar di sekolah ini.

Mereka dibebaskan untuk merancang rencana belajar dan pencapaian mereka dengan cara mereka sendiri, sesuai dengan keahlian dan ketertarikan masing-masing. Setiap rencana siswa ini akan selalu dievaluasi setiap minggu oleh siswa, orangtua, guru dan pelatih bidang terkait.

11.Sekolah tanpa stres, tanpa tekanan dan tanpa PR di Espoo, Finlandia.

Sekolah di negara ini semuanya memberikan kebebasan mutlak kepada para siswanya. Mereka melakukan kegiatan apa saja yang mereka mau. Mereka bisa berloncat-loncat di kursi bahkan tiduran di sofa jika siswa merasa lelah.

Atmosfer sekolah dibuat sangat menyenangkan dan santai. Namun untuk menunjang keinginan mereka, perpustakaan, tempat olahraga, tempat bermain dan laboratorium dibuat dengan baik dan lengkap.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya di facebook gurudikmen.com dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Bangunan Tak Biasa Berita Inspirasi Konsep Pendidikan Konsep Pendidikan dan Bangunan Tak Biasa Lintas Nasional Pendidikan Sekolah Ini Punya Konsep Pendidikan dan Bangunan Tak Biasa

Author: 
author

Related Post

Leave a reply