Rincian Kenaikan Anggaran Tunjangan Profesi Guru Di Tahun 2018

921 views

RINCIAN KENAIKAN ANGGARAN TUNJANGAN PROFESI GURU DI TAHUN 2018

Rincian Kenaikan Anggaran Tunjangan Profesi Guru Di Tahun 2018

Rincian Kenaikan Anggaran Tunjangan Profesi Guru Di Tahun 2018

Gurudikmen.com – Assalamu’alaikum wr.wb. salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada.

Anggaran sertifikasi pengajar (TPG) terus semakin tinggi. Tahun depan (2018), anggaran TPG direncanakan sebesar Rp 79,6 triliun atau naik sekitar Rp 4,4 triliun dibandingkan tahun ini.

Persatuan Pengajar Republik Indonesia (PGRI) mengingatkan potensi kasus pencairan karena polemik beban mengajar.

Total aturan TPG tahun ini sekitar Rp 75,2 trilun. Porsi paling akbar adalah buat guru pegawai negeri sipil daerah (PNSD) yang mencapai Rp 52,8 triliun.

Tahun depan rencananya anggaran TPG untuk PNSD bertambah menjadi Rp 58,tiga triliun atau naik Rp lima,5 triliun. Dengan sasaran sasaran penerima merupakan 3,9 juta guru PNSD.

Setelah dikurangi alokasi buat PNSD, residu anggaran TPG tahun depan terdapat Rp 21,tiga triluin. Anggaran ini didistribusikan untuk 3 kelompok guru.

Yakni guru PNS Kementerian Agama (Kemenag) sebesar 257.209 guru menggunakan anggaran Rp 11,6 trilun. Lalu buat pengajar partikelir Kemenag Rp 4,8 trilun dan guru swasta Pemerintah Daerah yang anggarannya dikelola Kemendikbud Rp 4,9 triliun.

Mendikbud, Muhadjir Effendy, menyampaikan kenaikan aturan TPG itu merupakan komitmen pemerintah buat meningkatkan kualitas pendidikan tanah air.

Dia mengungkapkan, kenaikan itu murni karena jumlah guru penerima TPG bertambah. Kemudian juga ada kenaikan pangkat   pengajar PNSD yg diikuti menggunakan kenaikan besaran TPG-nya.

Muhadjir berharap dengan adanya TPG ini, para pengajar lebih mempertinggi kualitas pembelajarannya. Dia menjelaskan pada acara Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), guru dituntut tidak hanya mendampingi murid pada kelas atau pada jam belajar saja.

Namun pula harus ikut mengawasi anak didik waktu mengikuti aktivitas ekstra kurikuler. ”Anggaran TPG itu sangat besar . Sehingga wajar apabila pengajar harus bekerja lebih baik,” tuturnya.

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi menyambut baik kenaikan alokasi anggaran TPG itu.

Dia menyampaikan selama ini PGRI tidak pernah mencurigai komitmen pemerintah terhadap kinerja guru. Tetapi dia juga membicarakan beberapa masukan buat perbaikan pencairan TPG tahun depan.

Diantaranya adalah masih terjadi silang pendapat soal beban kerja guru. Beban kerja guru beliau harapkan harus klir sebelum masuk tahun anggaran 2018.

Beban kerja ini relatif krusial karena menjadi kondisi penyaluran TPG, selain sertifkat profesi pengajar.

Saat ini pada lapangan beban kerja guru masih pakai patokan minimal 24 jam tatap muka pada sepekan. Sebab masih merujuk pada PP 19/2017 mengenai Pengajar.

Sementara pada Permendikbud 23/2017 tentang Hari Sekolah diatur hari sekolah berlangsung 5 hari dalam sepekan dan berdurasi delapan jam/hari.

”Jadi harus dipastikan. Patokan beban guru memakai 24 jam tatap muka sepekan atau delapan jam/hari,” jelasnya.

Unifah pula berharap terdapat koordinasi antara pemerintah pusat menggunakan Pemerintah Daerah. Sehingga nir ada lagi masalah keterlambatan pencairan TPG.

”Selama ini pemerintah pusat selalu bilang aturan telah di Pemerintah Daerah. Tetapi nyatanya ada perkara keterlambatan,” celoteh beliau.

Unifah berharap TPG sanggup cair reguler setiap akhir bulan. Kalau terpaksa permanen dirapel setiap tiga bulan misalnya ketika ini, jangan hingga terlambat. (wan/jpnn)

Tunjangan Profesi Pengajar (TPG) 2018

  • TPG buat PNS Daerah: Rp 58,3 triliun
  • TPG buat PNS Kemenag: Rp 11,6 triliun
  • TPG buat non PNS Kemenag: Rp 4,8 triliun
  • TPG buat non PNS Pemda: Rp 4,9 triliun (aturan di Kemendikbud)
  • Total aturan TPG: Rp 79,6 triliun

Keterangan :

  1. Total anggaran TPG 2017: Rp 75,dua triliun
  2. Anggaran TPG 2017 buat PNS Daerah: Rp 52,8 triliun.

Sumber : http://www.infokemendikbud.com/

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya di facebook gurudikmen.com dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Baca Juga : WAKIL PRESIDEN JIKA TIDAK ADA UN, BAGAIMANA TENTUKAN STANDAR PENDIDIKAN

Rincian Kenaikan Anggaran Tunjangan Profesi Guru Rincian Kenaikan Anggaran Tunjangan Profesi Guru Di Tahun 2018 Tahun 2018 Tunjangan Profesi Guru Tunjangan Profesi Guru Di Tahun 2018

Author: 
author

Related Post

Leave a reply