Fakta di Balik Penetapan Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional

359 views

FAKTA DI BALIK PENETAPAN TANGGAL 2 MEI SEBAGAI HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Fakta di Balik Penetapan Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional

Fakta di Balik Penetapan Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional

Gurudikmen.com – Assalamu’alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada.

Setiap tahunnya, pada tanggal 2 Mei, kita selalu memperingati Hari Pendidikan Nasional atau yang lebih akrab disebut Hardiknas.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu bahwa tanggal ini dipilih karena merupakan hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Tapi bagaimana proses penetapannya mungkin banyak dari kita yang belum tahu ya. Ini dia 3 fakta di balik penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Keputusan Presiden Soekarno

Penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional merupakan Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 yang dikeluarkan pada tanggal 28 November 1959.

Tahun itu juga Ki Jaar Dewantara dingangkat sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Meskipun sudah ditetapkan sejak tahun 1959, pelaksanaan peringatannya sendiri baru rutin dilakukan semenjak tahun 1967, setelah Soeharto menjabat sebagai presiden RI.

Saat itulah, pemerintah dan negara mengakui dengan resmi segala jasa Ki Hajar Dewantara sebagai peletak segala dasar sistem pendidikan di Indonesia.

Menghormati Ki Hajar Dewantara

Pemilihan tanggal 2 Mei sendiri memang dimaksudakan untuk menghormati jasa Ki Hajar Dewantara.

Karena tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran beliau.

Ki Hajar Dewantara sendiri terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (Surwadi Suryaningrat), namun mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara pad atahun 1922.

Beliau lahir di Yoyakarta pada 2 Mei 1889 dan meninggal pada 26 April 1959.

Mengapa Ki Hajar Dewantara?

Seperti yang kita tahu bahwa Ki Hajar Dewantara merupakan Bapak Pendidikan Nasional yang memang sangat berjasa bagi pendidikan Indonesia.

Beliau memang jadi tokoh peletak dasar pendidkan Indonesia.

Terlahir sebagai seorang anak keluarga keraton (ningrat) di Yogyakarta justru bikin beliau menjadi begitu kritis terhadap nasib pendidikan di Indonesia.

Saat beliau menjadi satu-satunya orang yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda yang saat itu hanya memperbolehkan anak-anak Belanda atau anak orang kaya (ningrat) untuk menuntut pendidikan di sekolah.

Kritik dan perlawanannya terhadap pemerintah Hindia Belanda ini membuat beliau diasingkan ke Belanda.

Setelah kembali ke Indonesia, beliau kemudian mendirikan lembaga pendidikan (sekolah buatan orang Indonesia pertama) yaitu Taman Siswa.

Di mana sekolah ini menerima murid dari semua latar belakang, termasuk orang-orang pribumi yang bukan orang kaya.

Beliau pun diangkat menteri pendidikan setelah Indonesia merdeka.

Filosofi dan semboyan yang terkenal  dari beliau adalah “Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani  yang berarti Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan.

Hingga sekarang, bagian dari semboyannya itu, yaitu “Tut Wuri Handayani” dijadikan slogan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia.

Beliau dijadikan sebagai Bapak Pendidikan Nasioan setelah wafat ada tahun 1959, namanya dijadikan nama kapal perang Indonesia.

KRI Ki Hajar Dewantara dan gambarnya pernah dicantumkan pada uang pecahan Rp 20.000 yang diedarkan tahun 1998.

Baca Juga : APLIKASI ANDROID YANG BAGUS DAN MENYENANGKAN UNTUK BELAJAR

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya di facebook gurudikmen.com dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional Fakta di Balik Penetapan Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional Hari Pendidikan Nasional Penetapan Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional

Author: 
author

Related Post

Leave a reply