10 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

10 Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia

Gurudikmen.com – Assalamu’alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk guru-guru seluruh indonesia dimanapun anda berada

Sistem pendidikan menjadi salah satu alat ukur kemajuan sebuah negara. Banyak negara yang berlomba-lomba membuat pendidikan terbaik untuk bisa mencapai standar negara maju. Pendidikan memang jadi faktor penting untuk kemajuan dan perkembangan sebuah negara. Beberapa penelitian mengenai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia diadakan setiap tahun. Salah satunya penelitian dari The Social Progress Imperative yang menyajikan facts tentang 10 negara dengan pendidikan terbaik.

Korea Selatan

Negara-negara Asia juga sedang berlomba-lomba meningkatkan sistem pendidikan salah satunya adalah Korea Selatan. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2016, Korea Selatan berhasil menyalip Jepang yang juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik. Saat ini Korea Selatan memang mempunyai sistem pendidikan yang cermat dan keras, siswa di sana bahkan tak sempat merasakan hari libur. Banyak sekolah yang mewajibkan siswanya untuk masuk 7 hari dalam seminggu.

Jepang

Pendidikan di Jepang memang sudah lama menjadi bahan perbincangan salah satunya cara mendidik siswa di tingkat sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Selain itu sistem pendidikan Jepang berbasi teknologi menjadikan negara ini menjadi salah satu negara dengan pendidikan maju dan lulusannya bisa bersaing.

Singapura

Singapura negara tetangga yang memiliki sistem pendidikan tinggi ini juga sudah dikenal baik. Walaupun negaranya kecil, Singapura memiliki sistem pendidikan yang sangat bagus. Salah satu fokus dari pendidikan di Singapura adalah pendidikan dasar yang dibangun sejak dini. Singapura rasanya sudah pantas mendapat predikat negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Hong Kong

Sistem pendidikan di Hong Kong kebanyakan mencontek atau mengikuti sistem di Inggris. Fokus pendidikan di Hong Kong adalah pendidikan yang berbasis fakta yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Tingkat literasi atau melek huruf di Hong Kong juga sangat tinggi dan hal ini bisa dijadikan salah satu parameter negara maju.

Finlandia

Sistem pendidikan di Finlandia sudah lama menduduku peringkat pertama di berbagai survei dan penelitian tentang sistem pendidikan. Sistem pendidikan Finlandia di penelitian yang dilakukan oleh The Social Progress Imperative hanya menduduki posisi kelima. Hal ini disebabkan oleh beberapa kebijakan pemerintahnya salah satunya adalah tidak ada lagi application kuliah gratis. Walaupun begitu sekolah di Finlandia masih bebas biaya karena menjadi tanggung jawab pemerintah.

Inggris

Di Inggris memiliki sistem otonomi daerah yang juga berpengaruh pada sistem pendidikannya. Walaupun memiliki kebijakan yang berbeda sistem pendidikan di Inggris masih termasuk yang terbaik di dunia.

Kanada

Sama seperti negara maju lainnya Kanada juga sangat memperhatikan pendidikan anak usia dini. Kualitas pendidikan dengan sistem yang maju dan terintegrasi ini juga menjadikan lulusannya sangat kompetitif di dunia kerja.

Belanda

Belanda sebenarnya memiliki beberapa kekurangan terutama dari sisi kebijakan yang diatur oleh negara. Saat ini Belanda memiliki kurang memperhatikan perencanaan dan manajemen di negaranya. Selain itu Belanda juga masih kalah jauh soal investasi pendidikan.

Irlandia

Semua sekolah di Irlandia gratis dan tingkat melek huruf mencapai angka ninety nine%. Kedua faktor ini tidak menjamin peringkat di penelitian ini.

Polandia

Investasi di bidang pendidikan memang enggak principal-essential, Polandia bahkan menempati peringkat 4 di negara Eropa dan ke 10 di dunia. Model dan sistem pendidikan yang dirancang oleh pemerintah menjadi negara ini memiliki sistem pendidikan yang paling baik di dunia.

Bagaimana dengan sistem pendidikan di Indonesia?Rasanya kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata cukup, sistem pendidikan di Indonesia masih banyak permasalahan yang belum menemukan solusi. Semoga saja secepatnya kita bisa menyusul sistem pendidikan terbaik di dunia. Walaupun perlu waktu yang cukup lama, sistem pendidikan Indonesia memerlukan perubahan yang signifikan untuk mengejar ketertinggalan.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Baca Juga : 8 Program Guru Pelosok yang Wajib Diikuti Anak Muda